Hindari, 5 Faktor Klaim Asuransi Mobil yang Ditolak

Hindari, 5 Faktor Klaim Asuransi Mobil yang Ditolak

Asuransi Mobil – Perkembangan zaman yang kian melesat tinggi membawa manusia pada transisi kehidupan yang berbeda. Terbukti bahwa saat ini sebagian masyarakat perkotaan menggunakan transportasi mobil sebagai penunjang aktivitas kesehariannya. Seolah kebutuhan akan mobil menjadi kebutuhan prima yang tak bisa terbantahkan.

Asuransi mobil

Source image: Di sini

Berbicara tentang mobil, erat kaitannya dengan asuransi mobil yang bisa dibilang menjadi jaminan bilamana terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Tak heran jika orang-orang yang memiliki mobil memilih mengambil asuransi mobil terbaik dan terpercaya.

Namun, jangan lupa bahwa ternyata ada beberapa faktor yang membuat klaim asuransi mobil ditolak. Hal tersebut tentu menjadi keresahan bagi banyak orang. Secara kehilangan atau sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada mobil kesayangan itu sudah pasti di luar dugaan. Karena pasti siapa pun tidak ingin hal-hal buruk terjadi pada mobilnya.

Untuk itu, hindari beberapa faktor di bawah ini yang akan membuat klaim asuransi mobil ditolak. Sebab ini akan sangat merugikanmu.

Penggunaan Kendaraan yang Menyalahi Aturan

Salah satu faktor utama dari ditolaknya klaim asuransi mobil yakni penggunaan kendaraan yang menyalahi aturan. Dalam artian, kerusakan yang terjadi pada mobil diakibatkan karena digunakan dalam acara karnaval, lomba, pawai, dan lain sebagainya.

Sebab saat digunakan untuk hal-hal tertentu itu sudah dipastikan bahwa kendaraan pribadi dijadikan sebagai kendaraan komersial. Hal inilah yang menyalahi aturan sehingga asuransi ini tidak bisa diklaim.

Baca juga: Trader Pemula Cocok Pakai 4 Gaya Trading Populer

Pengemudi Berada di Bawah Pengaruh Alkohol

Faktor yang kedua yakni pada saat pengemudi mengalami kecelakaan karena pengaruh alkohol. Selain itu, dikarenakan sifat material kendaraan yang aus sehingga asuransi tidak bisa dicover. Semisal, untuk sifat material kendaraan aus itu adalah kampas rem yang aus.

Oleh karenanya, kamu harus menghindari hal ini. Jangan sampai di suatu hari terjadi kepadamu hingga pada akhirnya mobil kesayanganmu tidak mendapatkan asuransi. So, berhati-hatilah dan alangkah lebih baik taati peraturan yang satu ini.

Kelebihan Muatan

Berbicara tentang kelebihan muatan memang sudah dipastikan bahwa hal tersebut melanggar aturan. Bagaimana tidak, sebuah kendaraan sudah tentu memiliki batas maksimal memuat penumpang dan pengemudi. Pada saat kamu melanggarnya, hal tersebut akan berimbas pada asuransi kendaraan mobil yang dimiliki.

Semisal, kapasitas mobil hanya berlaku untuk tujuh orang saja, tetapi dipakai untuk sepuluh orang. Ini akan menjadi suatu hal yang rumit bilamana terjadi kecelakaan pada mobil kesayanganmu.

Masa Berlaku SIM Sudah Habis

Tak heran jika para polisi gencar melakukan kegiatan raziaan di sepanjang jalan kota-kota besar. Hal ini ternyata tidak hanya untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan, akan tetapi juga berpengaruh pada asuransi yang dimiliki oleh seseorang.

Di mana nantinya pengemudi yang tidak memiliki SIM atau SIM yang dimiliki telah habis masa berlakunya, maka tidak bisa klaim asuransi satu ini. Dengan demikian, menjadi catatan penting bagi siapa pun yang menjadi pengemudi dan asuransi mobil. Termasuk kamu.

Adanya Kerusakan Pilek

Ini dia hal yang cukup krusial akan tetapi sering kali dianggap sepele. Di mana bilamana adanya kerusakan pelek, ban, dan dop maka asuransi satu ini tidak bisa diklaim. Semisal, terjadi suatu kecelakaan yang merusak pelek dan ban, maka asuransinya tidak dijamin.

Demikianlah sederet informasi mengenai beberapa faktor klaim asuransi mobil yang ditolak. Semoga kamu bisa lebih berhati-hati dan tidak mengalami salah satu kejadian di atas.